Bisnis dirumah, mudah,murah, menguntungkan

Workshop II Perencanaan RBM Kab. Ciamis

Written By RBM Ciamis on 16 Des 2011 | 08.27

Workshop Perencanaan RBM
Kegiatan Ruang Belajar Masyarakat (selanjutnya disebut RBM) adalah  suatu kultur atau perilaku belajar yang terorganisir, terstruktur dan sistematis serta terbentuk sebagai hasil pengkondisian ruang bersama yang dilakukan secara terus menerus oleh masyarakat pelaku program sendiri melalui kegiatan-kegiatan belajar bersama. 
Kegiatan RBM bertujuan untuk meningkatkan/mengembangkan kapasitas pelaku/masyarakat yang dalam hal ini disebut sebagai “pelaku” adalah Pelaku PNPM Mandiri Perdesaan, Fasilitator Kabupaten-Kecamatan, Aparat pemerintahan di daerah kabupaten/kota khususnya yang melakukan pembinaan secara langsung PNPM Mandiri Perdesaan serta Masyarakat umum/peduli PNPM Mandiri.  Workshop II Perencanaan RBM Kab. Ciamis dilaksanakan tanggal 16 Desember 2011 di hadiri dan di buka oleh Tim Faskab. Workshop II Perencanaan adalah langkah awal pengorganisasian kerja dan kegiatan Ruang Belajar Masyarakat (RBM). 

Workshop Perencanaan RBM
Tujuan Dilaksanakan Workshop II Perencanaan adalah ditetapkannya jenis kegiatan, dirumuskannya strategi kabupaten yang dituangkan dalam kerangka acuan kegiatan dan ditetapkanya RKTL Kabupaten.
Dalam rangka kegiatan RBM, di Kabupaten Ciamis telah dibentuk Kelompok Kerja (Pokja) RBM yang telah disahkan dalam kegiatan Workshop I Perencanaan. Kegiatan Pokja RBM meliputi : Workshop I Perencanaan, Workshop II Perencanaan, Workshop Penyusunan Modul, TOT Kabupaten, Pelatihan Dasar, Pelatihan Lanjutan, Pemgembangan media Kabupaten, Penulisan dan Penerbitan, Penghargaan atas kinerja pelaku, Dukungan penanganan masalah dan Workshop evaluasi. 

Penyampaian Kerangka Acuan Kegiatan Pokja RBM
Pada pelaksanaan workshop ini telah ditetapkan jenis kegiatan dan anggaran biaya dari setiap kegiatan dan  disampaikannya kerangka acuan kegiatan dari setiap koordinator POKJA yaitu Bidang PBM, Bidang Advokasi Hukum, Bidang Media dan Bidang TPM. 

Dinamika Peserta
Dinamika peserta workshop sangat bagus, banyak sekali masukan-masukan dari peserta yang bermanfaat bagi Pokja RBM.

Kami atas nama Pokja RBM mengucapkan terimakasih banyak  kepada semua pihak baik secara langsung maupun tidak langsung membantu terlaksananya Workshop II Perencanaan RBM dengan lancar. Semoga Pokja RBM ke depan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar